PEJABAT PENGELOLA INFORMASI DAN DOKUMENTASI
KABUPATEN ASAHAN

Profil



SIP PPID adalah Sistem Informasi Publik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokomentasi atau dapat juga disebut sebagai e-public. SIP PPID atau e-public merupakan aplikasi pengelolaan dan pelayanan informasi untuk PPID yang di kembangkan sesuai Undang-Undang No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. E-public dirancang dengan platform hybrid-offline dan online, yang terintregasi antara PPID Pembantu dan PPID Utama dalam sebuah entitas Badan Publik. Informasi lebih lengkap mengenai SIP PPID atau epublic dapat dilihat disini!

Untuk informasi lebih lanjut dan bagaimana mendapatkan aplikasi ini silahkan ke info@sip-ppid.net 



Tugas dan Wewenang

TUGAS

. Pengkoordinaskan dan mengkonsolidasikan pengumpulan bahan informasi dan dokumentasi dari PPID pembantu

. Menyimpan, Mendokumentasikan, menyediakan dan memberi pelayanan informasi kepada publik

. Melakukan verifikasi bahan informasi publik

. Melakukan uji konsekuensi atas informasi yang dikecualikan

. Melakukan kemuntakhiran dan dokumentasi

. Menyediakan informasi dan dokumentasi untuk diakses oleh masyarakat.


KEWENANGAN;

. Menolak memberikan informasi yang dikecualikan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang undangan

. meminta dan memperoleh  informasi dari unit kerja/komponen/satuan kerja yang menjadi cakupan kerjanya

. Mengkoordinasikan pemberian pelayanan informasi dengan PPID Pembantu dan/atau Pejabat Fungsional yang menjadi cakupan kerjanya

. Menentukan atau menetapkan suatu informasi dapat/tidaknya diakses oleh publik

. Menugaskan PPID Pembantu dan/atau Pejabat Fungsional untuk membuat, mengumpulkan, serta memelihara informasi dan dokumentasi untuk kebutuhan organisasi. 

Struktur PPID

Visi dan Misi

VISI

       Terwujudnya sistem politik yang demokratis, pemerintah yang desentralistrik, pembangunan daerah yang berkelanjutan, serta keberdayaan masyarakat yang partisipatif dengan didukung sumber daya aparatur yang profesional dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

MISI

Menetapkan Kebijaksanaan Nasional dan memfasilitasi penyelenggara pemerintah dalam upaya :
  • Memperkuat Keutuhan NKRI serta memantapkan sistem politik dalam negeri yang demokratis
  • Memantapkan penyelenggaraan tugas-tugas pemerintah umum
  • Memantapkan efektifitas dan efisiensi penyelenggaraan pemerintahan yang desentralistik
  • Mengembangkan keserasian hubungan pusat-daerah, antara daerah dan antar kawasan secara kemandirian daerah dalam pengelolaan pembangunan secara berkelanjutan
  • Memperkuat otonomi desa dan meningkatkan keberdayaan masyarakat dalam aspek ekonomi, sosial dan budaya
  • Mewujudkan tata pemerintahan yang baik, bersih dan berwibawa

Tentang PPID

Bla bla bla bla...